manfaat-kacang-tanah-untuk-ibu-hamil
Advertisements

manfaat-kacang-tanah-untuk-ibu-hamil

Beritaku.my.id – Meski kacang tanah berharga cukup murah tetapi kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, antioksidan, protein, kalori, asam folat, dan juga Vitamin B yang baik untuk tubuh.

Kacang tanah ini merupakan sumber makanan bergizi dengan harganya yang sangat terjangkau. Tetapi sayangnya kacang tanah ini seringkali menjadi makanan yang rentang menimbulkan alergi pada seseorang.

Oleh karena itu kacang tanah seringkali dihindari terlebih pada kondisi kondisi tertentu misalnya saja masa kehamilan. Padahal kacang tanah ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil dan janinnya.

Lalu manfaat kacang tanah untuk ibu hamil dan janinnya yang luar biasa itu apa saja ya?

Berikut dibawah ini 9 manfaat luar biasa kacang tanah untuk ibu hamil dan janinnya diantaranya yaitu:

1. Mengobati Anemia

Semua jenis kacang dikenal mengandung zat besi yang cukup tinggi, begitupun dengan kacang tanah. Dengan mengkonsumsi kacang utuh atau selai kacang maka akan dapat membantu ibu hamil terhindar dari anemia.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kacang tanah juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi, terlebih asam oleat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu ibu hamil yang memiliki penyakit jantung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang tanah.

3. Mencegah Kanker

Kacang tanah merupakan sumber yang baik dari pitosterol. Jenis kacang yang satu ini juga disebut sebagai beta sisterol yang dapat menghambat perkembangan tumor. Jika saat kehamilan sering mengkonsumsi kacang tanah maka akan dapat membantu menurunkan resiko kanker usus besar.

4. Meningkatkan Memori

Kacang tanah mengandung Vitamin B3 yang dapat membantu meningkatkan daya dan fungsi memori otak. Selain itu juga kandungan flavonoid resveratrol didalam kacang tanah dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

Baca juga:Inilah 4 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Efektif

Advertisements

Manfaat-kacang-tanah

5. Membantu Menambah Berat Badan

Jika selama masa kehamilan ibu kekurangan berat badan maka mengkonsumsi kacang tanah adalah tindakan yang sangat tepat. Pasalnya kacang tanah ini mengandung kalori yang dapat membantu ibu hamil dapat mencapai berat badan yang sehat atau ideal selama masa kehamilan.

6. Tidak Mudah Sembelit

Kebanyakan ibu hamil seringkali mengeluh mengalami sembelit atau konstipasi pada periode tertentu. Dengan mengkonsumsi kacang tanah maka ibu hamil dapat terhindar dari masalah tersebut, pasalnya kacang tanah ini merupakan sumber serat yang cukup tinggi.

7. Melawan Depresi

Kandungan asam amino esensial tryptophan didalam kacang tanah dapat menghasilkan serotonin. Serotonin ini merupakan salah satu elemen penting didalam mengatur suasana hati dan juga dapat membantu memerangi depresi.

8. Sumber Protein

Kandungan protein yang cukup tinggi didalam kacang tanah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang tepat.

9. Mengembangkan Tulang Dan Jaringan

Kandungan mangan dengan jumlah yang ideal didalam kacang tanah dapat membantu pertumbuhan jaringan dan tulang janin. Ini juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari kontraksi prematur rahim.

Selain itu masih ada manfaat kacang tanah untuk ibu hamil dan janinnya yaitu dapat mencegah preeklamsia.

Terjadinya tekanan darah tinggi selama masa kehamilan bisa menjadi bencana. Degan rutin mengkonsumsi kacang tanah maka akan membantu terhindar dari preeklamsia.

Pasalnya kacang tanah ini mengandung Vitamin E yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Jika ingin sehat selama masa kehamilan, ibu jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi kacang tanah ini.

Baca juga:5 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Advertisements