Pesan Kapolres Bekasi Kota Untuk Warganya Ketika Mudik

Pesan Kapolres Bekasi Kota Untuk Warganya Ketika Mudik – Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indiarto menghimbau kepada warganya yang hendak mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, untuk tidak lupa memastikan keamanannya.

Seperti yang disampaikan oleh beliau pada acara apel kemarin yang mengatakan “ pastikan tidak meninggalkan barang berharga di rumah, khususnya barang yang mudah diambil. Kedua, titipkan rumah ke tetangga atau ke orang kepercayaan untuk selalu mengecek rumah secara berkala. Ketiga, jika ada CCTV, agar memastikan dekoder disimpan di tempat yang sulit dijangkau “.

Selain itu, jajaran kepolisian Kota Bekasi juga memberikan layanan penitipan barang-barang berharga di polres dan di polsek-polsek di wilayah kota Bekasi. Layanan itu bisa dimanfaatkan untuk menitipkan barang-barang berharga seperti emas, perhiasan, surat-surat penting, atau bahkan kendaraan seperti mobil maupun motor yang kebetulan tidak dibawa untuk mudik.

Sebelumnya, telah terjadi kasus pencurian di rumah kosong baru-baru ini  di perumahan Pondok Timur Indah, Jalan Intan Raya RT 06 RW 15, kelurahan Mustikajaya kecamatan Mustikajaya, kota Bekasi. Namun beruntung, kali ini pencurian dapat digagalkan lantaran pemilik rumah yang saat aksi pencurian berlangsung tiba-tiba pulang.

Diketahui pelaku salah target rumah lantaran lampu depan rumah  menyala yang dikira pemillik rumah sedang pergi mudik. Kedua pelaku EF dan I berhasil diamankan setelah pemilik rumah Imam Santoso berteriak maling dan mengundang warga, sehingga seketika itu juga warga langsung datang ke lokasi dan menangkap pelaku.

Tips Anti Maling Saat Mudik

Nah, bagi anda yang sedang pergi mudik dengan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, berikut di bawah ini ada beberapa tips anti maling yang sangat ampuh :

  1. Kunci Semua Pintu

Kunci-pintu

Tips pertama yang harus anda ketahui agar rumah aman dari maling saat mudik, yakni dengan mengunci semua pintunya mulai dari pintu depan, belakang, dan sebagainya. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa semua jendelanya sudah tertutup rapat.

  1. Nyalakan Lampu

Nyalakan-lampu

Ada beberapa ruangan yang harus anda nyalakan saat rumah dalam keadaan kosong yakni ruangan depan, ruangan tengah bawah, teras depan bawah, teras depan atas, dan sebagainya. Dengan menyalakan lampu pada lokasi-lokasi tersebut, maka si maling pun akan mengira bahwa rumah anda ada penghuninya.

  1. Meminta Orang Lain Untuk Menjaga Rumah

Jaga-rumah

Tips anti maling yang terakhir, yakni meminta bantuan orang lain untuk menjaga rumah anda.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *