Inilah Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Perlu anda ketahui bahwa kacang hijau itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Oleh karena itu dalam artikel kali ini Beritaku.my.id akan membahas tentang tips merebus kacang hijau supaya lebih empuk dan manfaatnya untuk ibu hamil sebagai berikut:

1. Rendam Kacang Hijau

Perlu  diingat sebelum kacang hijau direbus, pastikan untuk merendamnya kira-kira selama 3 – 4 jam atau lebih. Karena dengan cara direndam, kacang hijau bisa membuat butir-butir biji kacang hijau menjadi mekar dan berkembang lebih baik dan akan lebih cepat empuk pada saat direbus nantinya.

2. Masukkan Kacang Hijau Pada Saat Air Sudah Mendidih

Sebaiknya memasukkan kacang hijau di dalam panci pada saat air sudah benar-benar mendidih. Karena dengan air yang mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, cepat matang serta kandungan nutrisinya tidak akan berkurang secara drastis.

3. Atur Panas Api

Dan selalu atur panas api dengan tepat. Pastikan api jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu redup. Gunakanlah api yang sedang-sedang saja dan harus stabil jangan berubah. Dengan cara ini bisa mendapatkan kacang hijau rebus yang empuk secara sempurna dan merata.

4. Tambahkan Gula Dan Garam Pada Saat Kacang Hijau Mulai Mekar

Tips yang terakhir, pastikan untuk tidak memasukkan garam atau gula pada saat kacang hijau belum mekar, karena hal tersebut bisa membuat kacang hijau awet keras sehingga sulit empuk. Kalaupun mau menambahkan gula dan garam, maka sebaiknya ditambahkan pada saat kacang hijau sudah mulai mekar dan empuk.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Kacang-hijau

1. Mengandung Thiamin

Zat Thiamin ini dikenal juga dengan nama thiamine atau vitamin B1. Pada setiap 100 gram kacang hijau yang sudah direbus ini mengandung  14% kandungan zat Thiamin, dan setara dengan 0,164 mg.

Adapun manfaat zat Thiamin ini adalah bisa mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga yang memungkinkan janin bisa mendapatkan energi. Zat Thiamine ini juga berfungsi untuk melancarkan fungsi otot, jantung, dan sistem saraf supaya bisa berjalan dengan normal.

Pada ibu hamil, manfaat tersebut akan ditambah lagi, yakni sebagai nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak.

Oleh sebab itu, pada saat bunda sedang hamil serta menyusui, maka sebaiknya penuhi kebutuhan bunda dengan Thiamin ini, minimal 1,4 mg perhari.

2. Mengandung Zat Besi

Pada setiap 100 gram kacang hijau yang sudah direbus terdapat 1,4 mg atau 11% zat besi. Perlu bunda ketahui, bahwa pada saat hamil bunda membutuhkan zat besi tersebut sebanyak 27 mg per hari. Karena zat besi ini berfungsi dalam membuat hemoglobin pada proses pembentukkan sel  darah merah.

Perlu bunda ketahui juga bahwa pada saat hamil, bunda membutuhkan darah 50% lebih banyak dibandingkan pada saat tidak sedang hamil.

Untuk itulah, bunda bisa mengatasi masalah tersebut dengan asupan zat besi yang cukup. Selain itu bunda juga membutuhkan zat besi tambahan untuk pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin, apalagi pada masa kehamilan usia trimester kedua dan ketiga.

Jadi jangan sampai bunda kekurangan zat besi pada masa kehamilan ini, karena bisa meningkatkan resiko terjadinya bayi lahir secara prematur, atau bahkan sampai pada kematian bayi.

3. Mengandung Folat

Perlu bunda ketahui bahwa dalam 100 gram kacang hijau yang sudah direbus ini mengandung 40% folat, dan folat ini termasuk ke dalam kelompok vitamin B.

Folat ini sangat penting sekali bagi ibu hamil, karena zat folat ini sangat berperan dalam produksi sel darah merah serta bisa membantu tabung saraf janin berkembang menjadi sumsum tulang belakang dan otak.

Sehingga dengan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari sebelum dan selama masa hamil bisa membantu untuk mencegah bayi terlahir dengan kelainan sumsum tulang belakang dan otak.

Begitu banyaknya manfaat dari kacang hijau ini, maka sebaiknya para wanita hamil harus sering mengkonsumsi kacang hijau ini.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *