Advertisements
9 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Niscaya Dikabulkan Segala Harapan - Citizen6 Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Doa akhir majelis dan artinya sebaiknya dipahami oleh semua orang Islam. Inilah manfaat memahami dan menerapkan doa tersebut.

  1. Menciptakan Majelis yang Sehat

Doa bersama sama bisa menjadi prioritas majelis yang sehat. Tak hanya itu, berdoa bersama adalah kunci penting untuk membuka hadirat Allah di antara umat-Nya dengan cara yang baik.

  1. Menjadikan Perkumpulan Doa Sebagai Kegiatan Postif

Kecenderungan di kalangan orang beriman yaitu menganggap bahwa perkumpulan doa sebagai kegiatan positif yang menenangkan.

Perasaan itu bagus untuk dimiliki. Doa akhir majelis dan artinya bisa Anda ucapkan bersama kelompok secara singkat ke rapat.

  1. Membuat Bisnis Lebih Berkah

Bisa juga sesudah Anda melangkah ke sebuah bisnis atau perkumpulan suatu urusan. Ini bisa menciptakan semakin banyak orang beriman yang melihat pertemuan rapat sebagai sesuatu yang sakral.

  1. Mengingat Kembali Sejarah Kerasulan

Zaman dulu, bahwa para rasul termasuk Nabi Muhammad SAW mendelegasikan tanggung jawab kepada beberapa sahabat. Dalam majelis, ada juga tugas dan tanggung jawab.

Ini tentu relevan dengan sejarah kerasulan. Sehingga, membaca doa akhir majelis dan artinya bisa membuat semakin banyak orang paham tentang konsep pendelegasian dalam sebuah kelompok.

  1. Menjadi Teladan Masyarakat

Membaca doa akhir majelis dan artinya bisa membuat orang mendapat teladan dari kisah para rasul. Dimana sejak Nabi Adam AS sampai Nabi Muhammad SAW, terdapat prioritas berdoa bersama yang diadakan bagi mereka bersama para umatnya.

Ini sangat bisa diteladani masyarakat, karena melalui kesaksian, Shiroh Nabawiyah, dan contoh, jelaslah bahwa rasulullah dan rasul sebelumnya sangat menghargai umat Allah yang berdoa bersama.

Mereka menganggap membimbing kehidupan doa bersama di suatu majelis juga penting, seperti ibadah sunnah lainnya.

Advertisements
  1. Jika Bisnis Berhasil, Bisa Menjadi Inspirasi

Salah satu majelis yang dekat dengan keseharian adalah majelis rapat umum sebuah bisnis, dimana personilnya beragama Islam semua. Jika doa terus dibiasakan, maka bisa menjadi inspirasi terutama apabila bisnisnya berkembang.

Ada begitu banyak contoh bagaimana doa bersama menjadi batu loncatan bagi peningkatan sisi rohani sebuah komunitas, misalnya kantor.

  1. Mendapat Rahmat Allah

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Barang siapa diantara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang Dia berikan lebih Dia senangi daripada diminta kekuatan.

Dan Rasulullah SAW bersabda sesungguhnya doa itu bermanfaat baik terhadap apa yang terjadi maupun belum terjadi, maka hendaklah kalian berdoa. (HR At-Tirmidzi V/552 no. 3548).

  1. Diberi Kebaikan

Dari Aisyah r.a ia berkata, Tidaklah Nabi duduk di majelis, tidak pula membaca Al-Quran dan tidak pula shalat kecuali menutupnya dengan kalimat-kalimat tersebut. Aku berkata, Wahai Rasulullah, aku melihatmu tidaklah duduk di suatu majelis, tidak juga membaca Al-Quran dan juga tidak shalat kecuali engkau tutup dengan kalimat tersebut?

Kemudian, Nabi Muhammad SAW bersabda, iya, siapa yang berkata baik akan ditutup dengan stempel kebaikan, dan siapa yang berkata buruk, akam menjadi penghapus dosanya. Yaitu Subhaanakallohumma Wa Bihamdika, Asy-hadu Alla ilaha illa anta, As-taghfiruka Wa Atuubu Ilaika. (HR An Nasai)

Itulah beberapa manfaat doa akhir majelis dan artinya. Pastikan untuk membacanya secara rutin apabila menutup sebuah rapat, pertemuan komunitas dan sebagainya. Supaya dilimpahi berkah dan menjadi lebih semangat dalam menyeimbangkan aktivitas dunia serta akhirat.

Baca juga: DOA SEHARI-HARI YANG BISA KAMU AMALKAN AGAR AKTIVITAS MENJADI BERKAH

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Advertisements