manfaat-ikan-salmon
Advertisements

Beritaku.my.id – Di masa kehamilan tentunya para ibu harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi perkembangan janin di dalam perut mereka.

Di mana kebutuhan gizi dan nutrisi dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan, salah satunya adalah ikan salmon. Jenis ikan air tawar ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Bahkan dengan sederet manfaatnya, ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Ikan salmon yang terkenal akan kandungan omega 3-nya ini ternyata juga memiliki kandungan lain yang sangat baik untuk mendukung perkembangan janin, seperti mineral, vitamin, protein, seng, kalium, salenium, AHA dan DHA, lemak esensial, dan lain-lain.

Dengan kandungannya yang sangat tinggi, ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi. Berikut manfaat ikan salmon untuk ibu hamil yang jarang diketahui:

1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan protein yang terdapat pada ikan salmon sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Dimana protein sangat berperan sebagai sumber energi sekaligus mengatur pertumbuhan hormon selama kehamilan.

Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin A, vitamin D, dan vitamin E pada ikan salmon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan kulit bayi.

2. Membantu Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Ikan salmon yang terkenal akan kandungan omega 3-nya ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dimana kandungan omega 3 seperti AHA, DHA, dan EPA mampu meningkatkan perkembangan otak janin. Yang lebih hebatnya lagi, kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan salmon mampu meminimalisir resiko kelahiran dini atau prematur.

Bahkan ikan salmon juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Sangat baik dikonsumsi untuk kecerdasan otak anak dan menjauhkan dari berbagai penyakit lainnya.

3. Mengurangi Depresi Selama Masa Kehamilan

Berdasarkan sebuah penelitian, ada sekitar 10 – 20% wanita yang mengalami depresi di masa kehamilan dan pasca melahirkan. Jika dibiarkan, kondisi psikologis ini dapat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Agar janin tetap tumbuh dengan sempurna, maka mengkonsumsi makanan kaya omega 3 seperti ikan salmon mampu mengurangi depresi di masa kehamilan.

Advertisements

Selain itu, kandungan yang terdapat pada ikan salmon juga dapat mempengaruhi mood seseorang menjadi lebih baik.

Baca juga:Inilah 9 Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Hamil Dan Janinnya

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Dimana Anda bisa mendapatkan vitamin D yang cukup tinggi pada ikan salmon.

Selain baik untuk menjaga kesehatan tulang pada masa kehamilan. Kandungan vitamin D pada ikan salmon juga baik untuk meningkatkan kekuatan tulang dan otot pada janin. Mampu mencegah kelainan dan penyakit tulang pada bayi yang baru lahir.

5. Mengandung Antioksidan Untuk Menangkal Radikal Bebas

Ikan salmon mengandung antioksidan yang sangat baik untuk ibu hamil. Dimana kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Selain baik untuk kesehatan ibu, antioksidan juga sangat berperan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Menjaga janin tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Mencegah Terjadinya Anemia Pada Masa Kehamilan

Selain kaya omega3, ikan salmon juga mengandung asam amino yang bagus untuk pembentukan sel darah merah. Dimana dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin di masa kehamilan, para ibu dapat terhindar dari masalah anemia atau kekurangan darah. Kandungan tersebut sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Itulah beberapa manfaat ikan salmon untuk ibu hamil yang jarang diketahui. Dengan rutin mengkonsumsi ikan salmon, maka kebutuhan gizi dan nutrisi pada masa kehamilan pun akan terpenuhi dengan baik.

Baca juga:Beberapa Faktor Resiko Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

Advertisements