Doa Untuk Pengantin Baru Ini Sesuai Ajaran Rasul 

Pernikahan merupakan ibadah yang sangat suci dan mulia, didalam agama Islam sendiri pernikahan digambarkan dengan kata Mitsaqan Ghalizha yang berarti janji yang sangat agung. Agama Islam mengajarkan dan menganjurkan setiap umatnya untuk mengamalkan hal hal yang baik supaya mendapat keberkahan dari Allah SWT. Inilah yang menjadi alasan kenapa seluruh umat Islam harus senantiasa menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan mereka sehari hari. 

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua insan antara laki laki dan perempuan saja, tetapi juga menyatukan kedua keluarga mereka yang menikah. Sehingga sangat jelas bahwa restu dan ridho dari kedua orang tua merupakan sesuatu yang harus dipatuhi dan diperhatikan.

Salah satu hal yang seharusnya kamu ucapkan untuk pasangan yang baru menikah, tidak hanya ucapan pernikahan saja tetapi juga doa untuk pengantin. Karena dengan menyampaikan atau memanjatkan doa, itu berarti kamu ikut berharap pada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagian kedua mempelai di kehidupan rumah tangga yang akan dijalaninya nanti. 

Tetapi yang diberikan bukan sembarang doa. Ada doa khusus yang bisa kamu kirim atau panjatkan untuk pasangan yang baru menikah atau yang sedang mempersiapkan pernikahan. Bukan juga ucapan “Samawa” ataupun “Semoga Sakinnah Mawaddah Warrahmah”. Dibawah ini ada doa untuk pengantin baru yang harus kamu ketahui.

Baca Juga : KUMPULAN KATA-KATA BIJAK TENTANG KEHIDUPAN

Doa Untuk Pengantin Baru

Saat kamu menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta resepsi pernikahan seseorang, umunnya kata ucapan pernikahan yang disampaikan adalah “Semoga Samawa, ya!” atau “Sakinnah Mawaddah Warrahmah”. Dahulu, dimasa kenabian Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, memang adanya doa yang baik tetapi tidak dianjurkan. Doa baik tersebut adalah “Semoga bahagi dan banyak anak.’’ Tetapi ternyata Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak menyetujui doa tersebut.’’

Maka ini doa yang paling tepat diberikan.Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, “Adalah Nabi Muhammad SAW, bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah memanjatkaan doa :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fiil Khairin

Artinya : “Semoga Allah melimpahkam keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa’iy, dan Ibnu Majah).

Itulah doa yang paling tepat diberikan untuk pasangan yang baru saja menikah. Kamu bisa membacakan doa ini lalu mengucapkan “Sawama”. Jika tidak sempat bertemu, kamu bisa mengirimkan doa ini dalam ucapan pernikahan untuk saudara atau temanmu yang menikah. Sebaik baiknya doa memang doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang bisa ikuti melalui para ulama. 

Baca Juga : 7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *