Advertisements

4 Cara Cek Kartu BPJS Aktif atau Tidak Secara Online dan Offline, Simak di Sini!

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan secara Online dan Offline, Penting! | Orami
Sumber: Orami

Cara cek kartu BPJS kini bermacam-macam agar memudahkan kita mendapatkan pelayanan kesehatan. Saat sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, artinya kamu sudah mendapatkan jaminan perlindungan finansial atau risiko penyakit. Biaya pengobatan yang mahal sudah ditanggung BPJS Kesehatan, sehingga kamu tidak perlu pusing – pusing memikirkannya lagi.

Sifat memiliki BPJS Kesehatan adalah untuk berjaga – jaga jika sewaktu – waktu sakit. Namun sejatinya setiap orang ingin selalu sehat, termasuk kamu juga kan? Karena itu, BPJS kesehatan ini tidak akan terpakai jika tidak sakit.

Justru kebanyakan orang terkadang enggan memeriksakan diri ke Puskesmas memanfaatkan BPJS Kesehatan yang dimilikinya dengan berbagai alasan dan lebih memilih berobat ke klinik 24 jam. Alhasil, kartu BPJS Kesehatan pun tidak pernah digunakan berbulan – bulan bahkan hingga tahunan. Kemudian, kamu tentu akan bertanya apakah BPJS Kesehatan milikmu masih aktif atau tidak?

Tenang, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek kartu BPJS masih aktif atau tidak. Berikut 4 cara cek kartu BPJS aktif atau tidak secara online dan offline :

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Mobile JKN - Apps on Google Play
Sumber: Google Play

Cara cek kartu BPJS aktif atau tidak yang pertama adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Caranya sebagai berikut :

  • Download terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN di ponsel.
  • Kemudian, membuat akun dengan melakukan pendaftaran di menu “DAFTAR”.
  • Jika sudah memiliki akun, silahkan login ke aplikasi dengan memilih jenis kartu (NIK atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan). Setelah itu masukkan NIK atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan, password, kode captcha, kemudian sign in.
  • Pada halaman utama, silahkan klik menu “Peserta”.
  • Kemudian akan muncul Data Peserta beserta status kepesertaannya.
  • Jika status kartu BPJS kamu masih aktif, maka akan tertera “Aktif”. Namun, akan tertulis “Nonaktif” jika sudah tidak aktif.

2. Melalui WhatsApp Layanan CHIKA

Tak Perlu ke Kantor BPJS Kesehatan, Indah Tenang ada Chika dan Vika
Sumber: BPJS Kesehatan

CHIKA adalah singkatan dari Chat Assistant JKN. Ini merupakan layanan informasi dalam bentuk chatbot yang secara otomatis akan direspon oleh sistem. Melalui layanan ini, selain cek status peserta, kamu juga bisa melakukan cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data faskes, serta informasi letak faskes maupun kantor BPJS Kesehatan.

Advertisements

Caranya sebagai berikut :

  • Hubungi CHIKA melalui WhatsApp di nomor 0811-8750-400.
  • Lalu, tulis pesan “Halo CHIKA”.
  • Sistem akan membalas pesan kamu secara otomatis, kemudian silahkan pilih satu Nomor atau opsi menu yang kamu inginkan (“Cek Status Peserta”, “Cek Tagihan Iuran”, “Skrining Kesehatan”, “Tutorial Mobile JKN”, “Panduan Layanan”, “Layanan Pandawa”, atau “Cari Lokasi”).
  • Sesuai dengan info yang diinginkan, silahkan balas dengan menuliskan nomor “1”.
  • Setelah itu, sistem otomatis akan membalas dengan jawaban informasi yang diminta, apakah status kartu BPJS Kesehatan kamu masih aktif atau sudah tidak aktif.

Baca juga: CARA DAN BIAYA MENDAPAT IZIN BPOM UNTUK UMKM

3. Melalui BPJS Kesehatan Care Center

Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam dan Cara Menghubunginya | kumparan.com
Sumber: Kumparan.com

Cara cek kartu BPJS aktif atau tidak selanjutnya adalah melalui telepon Care Center di nomor 165. Setelah menekan nomor tersebut, kamu akan diarahkan untuk menekan angka tertentu sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

4. Melalui Petugas BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

BPJS Kesehatan Sediakan Petugas di RS untuk Beri Informasi soal JKN
Sumber: Detiknews

Dan cara cek kartu BPJS aktif atau tidak yang terakhir adalah dengan meminta tolong ke petugas BPJS Kesehatan di Rumah Sakit untuk cek status kepesertaan, apakah masih aktif atau tidak.

Sebaiknya kamu memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Namun, jika memang tidak sakit, sebaiknya kamu tetap kontrol kesehatan di Puskesmas dengan memanfaatkan BPJS Kesehatan, misalnya minta vitamin.

Baca juga: PROSPEK DAN HARGA SAHAM UNILEVER INDONESIA 2022

Advertisements