Fashion

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat

Advertisements

Baju Adat Simple Untuk Laki-laki Sumatera Barat, Gagah Perkasa!

Baju adat simple untuk laki – laki sumatera barat memiliki keindahan tersendiri. Pakaian dari sumatera memiliki keindahan khasnya tersendiri. Sumatera merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia dan memiliki pesona alam yang indah. Dengan keberagaman suku dan budaya, maka Pakaian juga memiliki peran penting didalamnya. Berikut Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat antara lain :

1. Batusangkar

Sumber: Orami

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang pertama adalah batusangkar. Bentuk dari pakaian adat ini berupa karung dan songket. Ketika Anda melihat secara seksama, pakaian ini juga menggunakan sulaman yang berwarna emas yang ditempatkan di bagian movies streaming today lengan dan leher. Untuk bagian kepalanya sendiri juga dibekali dengan penutup kepala yang diberi nama saluak.

2. Baju batabue

Sumber: BukaReview

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang kedua dinamakan Pakaian batabue. Baju ini banyak menggunakan warna natural seperti merah, biru, hitam dan juga lembayung. Pakaian ini juga menggunakan berbagai taburan benang berwarna emas yang memiliki arti yakni penunjuk kekayaan. Baju ini juga dilengkapi berbagai pernak – pernik yang diletakkan di sekujur busana.

3. Baju penghulu

Sumber: Pasbana.com

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang ketiga yakni baju penghulu. Pakaian ini diwaktu lampau digunakan oleh kepala suku atau pemangku adat. Baju penghulu lebih dominan menggunakan warna hitam yang banyak digunakan oleh mempelai pria. Dalam melengkapi baju penghulu ini agar terlihat harmonis, para pria akan menambahkan celana longgar. Setiap diameter pada celana yang digunakan juga mempunyai makna tersendiri yakni martabat kaum pria yang lebih tinggi.

4. Sasampiang

Sumber: Pinhome

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang keempat adalah sasampiang. Pakaian ini juga banyak digunakan disaat acara pernikahan. Untuk para pria sendiri, memiliki ciri khas mulai dari selendang yang digunakan hingga memakai aksesoris topi songket. Sasampiang sendiri juga memiliki makna yakni keberanian serta pengetahuan. 

Baca juga: Berita Ekonomi Terbaru 2021

Advertisements

5. Cawek

Sumber: Cleanipedia

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang kelima adalah cawek. Cawek sendiri merupakan sejenis  ikat pinggang yang dilengkapi dengan celana yang longgar. Makna dari cawek sendiri digunakan untuk mempererat antar suku minang baik yang ada di perantauan maupun ditempat.

6. Sandang

Sumber: Romadecade

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang keenam adalah sandang. Jika cawek ini merupakan ikat pinggang yang dieratkan di celana yang longgar maka sandang ini berbeda. Meski sama – sama berupa ikat pinggang, bentuk dari sandang sendiri berbeda. Sandang memiliki bentuk kain segi empat yang dilengkapi dengan warna merah dominan. Warna merah sendiri juga memiliki makna umum yakni suatu bentuk ketaatan dari hukum adat minang. 

7. Deta

Sumber: Tambah Pinter

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat yang ketujuh adalah deta. Biasanya setiap pakaian adat menggunakan topi atau penutup sebagai penanda khas pria. Untuk para pria dari sumatera barat menamakan penutup kepala ini sebagai deta. Penutup kepala ini terbuat dari kain yang pada bagian depannya sendiri dibentuk lancip. Pada umumnya, deta sendiri menggunakan warna yang mayoritasnya adalah hitam. Namun, ada beberapa yang menggunakan deta dengan motif warna yang beragam. Pakaian dengan penutup kepala ini akan membuat yang menggunakannya memiliki kesan gagah dan bijaksana.

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sumatera Barat cukup beragam. Menggunakan pakaian ini merupakan bagian dari cinta budaya tanah air.

Baca juga: IDN App: Berita dan Hiburan dalam Satu Aplikasi

Advertisements

Recent Posts

5 Rekomendasi Laptop untuk Pelajar, Pilihannya yang Ideal!

Memilih laptop untuk pelajar memang tidak mudah. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti spesifikasi, harga,…

5 days ago

Konser NCT Dream di GBK Bakal Mengguncang Jakarta!

Kabar gembira untuk para NCTzen di Indonesia! NCT, boyband Korea Selatan yang terkenal dengan lagu-lagunya…

4 weeks ago

Kenapa Motor Tiba Tiba Mati Padahal Bensin Masih Ada?

Mengendarai sepeda motor adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, ada kalanya…

1 month ago

Arti Red Flag dalam Bahasa Gaul, Berpotensi Toxic!

Red flag adalah istilah bahasa gaul yang sering digunakan di media sosial, terutama dalam konteks…

2 months ago

Cloud Gaming Terbaik, Ada GeForce Now!

Cloud gaming telah hadir sebagai terobosan baru dalam dunia game. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk…

2 months ago

Game Bola Offline Terbaik, Ada FIFA dan PES!

Game sepak bola offline menawarkan pengalaman bermain yang seru dan menantang tanpa memerlukan koneksi internet.…

2 months ago