Advertisements

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat, Simak Selengkapnya di Sini!

Salah satu sholat sunnah yang biasa dilakukan sehari-hari adalah sholat dhuha. Waktu sholat dhuha bisa dilakukan sekitar jam 8 pagi hingga sebelum waktu dzuhur. Ada banyak keutamaan dalam melaksanakan sholat dhuha, dimana sholat dhuha dianggap sebagai sedekah.

Dalam hal ini, ada keterangan hadits dari Abu Dzar Radhiyyallahu ‘Anhu berkata, Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan sholat dhuha sebanyak dua rokaat.” (HR. Muslim 720).

Tata Cara Sholat Dhuha

Waktu Sholat Istikharah, Berikut Niat, Tata Cara, Doa yang Dibaca, dan Hukumnya
Sumber: Suara.com

Sholat dhuha bisa dilaksanakan sedikitnya 2 rakaat dan paling banyak 8 rakaat dengan satu kali salam. Berikut tata cara sholat dhuha 2 rakaat:

Rukun Rakaat Pertama

  1. Niat Sholat Tahajud

Ushalli sunnatadh dhuhaa rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa

Artinya : “Aku niat sholat dhuha dua rokaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Takbiratul Ihram

Allahu Akbar

  1. Doa Iftitah

Subhanakallahumma wabihamdika watabaarokasmuka wata’aalaa jadduka walaa ilaaha ghoiruka

Baca juga: 4 DOA NABI SULAIMAN YANG BISA DIAMALKAN

  1. Membaca surat Al Fatihah

“Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi robbil ‘aalaminn. Arrohmaanirrohiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka na’budu wa iyyaa kanasta’iin. Ihdinashshirootolmustaqiim. Shirotolladziina an ‘amta ‘alaihim ghoirulmaghduubi ‘alaihim waladhdhoolliin.”

  1. Membaca surat dari Al Quran yang dihafal
  1. Ruku dengan tuma’ninah

Subhaana robbiyal ‘adziim (dibaca 3 kali)

  1. Itidal

Robbanaa walakalhamdu hamdan katsiron thayyiban mubaarokan fiihi

Advertisements
  1. Sujud pertama

Subhaana robbiyal a’laa (dibaca 3 kali)

  1. Duduk diantara dua sujud

Robbighfirli, Robbighfirli

  1. Melakukan sujud kedua

Subhaana robbiyal a’laa (dibaca 3 kali)

  1. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua

Rukun Rakaat Kedua

  1. Takbir dan ulangi poin 4-10
  1. Duduk tahiyat akhir

Attahiyyaatu Lillahi Washshalawaatu Waththayyibaat. Assalaamu ’Alaika Ayyuhannabiyyu Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh. Assalaamu ‘Alainaa Wa ’Alaa ‘Ibaadilaahish Shaalihiin Asyhadu An Laa Ilaaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuluhu. Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa ‘Alaa Aali Muhammad Kamaa Shollaita ‘Alaa Ibrahim Wa ‘Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamidum Majid.

  1. Mengucapkan salam

Assalaamu ‘alaikum warohmatullah

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Iftitah dalam Sholat, Siswa Sudah Hafal Belum?
Sumber: Detikcom

Dalam hal ini, tidak ada hadits dari Rasulullah yang sahih dan sharih (tegas) terkait doa setelah sholat dhuha. Adapun hadits dari ‘Aisyah Radhiyyallahu ‘Anha sebagai berikut:

Artinya: “Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wassalam pernah sholat dhuha, kemudan membaca doa: Allahummagh firlii wa tub ‘alayaa (Ya Allah, ampunilah dosaku, dan terimalah taubatku, sungguh Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang). Beliau ucapkan doa ini 100 kali.” (HR. Al-Bukhari dalam Al Adabul Mufrad Nomor 219, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrad).

Selain itu, ada juga dalil yang rajih, yakni doa setelah melaksanaka sholat secara umum, jadi bukan hanya sholat dhuha saja. Pasalnya, keterangan ini disebutkan juga dalam riwayat lainnya secara mutlak:

Artinya: “Seorang lelaki dari kaum Anshor mengatakan bahwa ia pernah mendengar Nabi Shollallahu ‘alaihi wassalam setelah sholat beliau berdoa: Allahummagh firlii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwaabur rahiim 100 kali.” (HR. Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dalam Musnad Inu Fudhail, dishahihkan oleh Syua’aib Al Arnauth dalam Takhrij Musnas Ahmad Nomor 23150).

Baca juga: BACA DOA MAU TIDUR AGAR TERHINDAR DARI MIMPI BURUK

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Advertisements