Seperti Inilah Cara Diet Sehat yang Harus Kalian Ketahui

Cara-Diet-Sehat

Beritaku.my.id – Tak sedikit masyarakat kita yang kerap salah paham mengenai istilah diet. Ya, kebanyakan dari mereka selalu menganggap, bahwa diet itu hanya dikhususkan untuk orang-orang bertubuh gemuk yang ingin menurunkan berat badan dengan cara memotong porsi makan hariannya.

Padahal, kegiatan diet itu tidak melulu bertujuan untuk menurunkan berat badan lho. Seperti yang dikutip dari salah satu situs kesehatan ternama dunia, yang menyebutkan bahwa diet itu adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup seseorang.

Diet dilakukan oleh beberapa orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian dari mereka melakukan diet untuk menjaga kesehatan tubuhnya atas anjuran dokter, dikarenakan adanya penyakit-penyakit tertentu.

Namun, ada juga sebagian dari mereka yang melakukan diet karena ingin menurunkan atau bahkan menambahkan berat badannya.

Diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan itu biasanya dilakukan oleh para penderita diabetes, darah tinggi (hipertensi), asam urat, ginjal, jantung, dan penyakit lainnya yang diharuskan untuk menjalani program diet.

Bahkan, ada pula sebagian ibu hamil dan ibu menyusui yang melakukan diet.

Lain lagi ceritanya dengan diet yang bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, yang memiliki perbedaan cara dalam menurunkan berat badan berlebih (obesitas) maupun bagi orang yang ingin menaikan berat badannya.

Biasanya, diet yang harus dijalaninya itu bukan terletak pada pola makan saja, melainkan juga harus disertai dengan latihan fisik.

Dalam menjalani diet, tentu saja harus memerlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Soalnya, agar tujuan dari diet yang kita lakukan itu dapat tercapai.

Walaupun program diet itu banyak jenisnya, namun tidak semua orang akan mendapatkan hasil yang sama meski menjani program diet yang sama.

Itu sebabnya, mengapa orang yang hendak melakukan diet itu harus berkonsultasi dulu dengan dokter maupun para pakar gizi. Sebab, program diet yang salah itu justru akan berdampak buruk pada kesehatan lho!

Apakah Diet Hanya Berlaku Untuk Orang Dewasa Saja?

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa diet itu adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup seseorang.

Dengan kata lain, program diet bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu oleh anak-anak maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan.

Akan tetapi, program diet untuk anak-anak itu tentunya sangat berbeda dengan program dietnya orang dewasa.

Pada program diet, biasanya akan melibatkan berbagai resep diet. Bukan hanya terfokuskan pada pola makan saja, program diet juga akan melibatkan latihan fisik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan ideal, terlebih bagi yang ingin menurunkan berat badannya.

Disamping itu, ada beberapa poin penting yang harus kita perhatikan saat hendak memulai program diet seperti:

  • Tentukan dulu tujuan kamu dalam melakukan diet.
  • Konsultasikan rencana diet dengan dokter, ahli gizi, atau para pakar dalam program diet.
  • Konsistensi dalam melaksanakan program diet.

Pada intinya, ada 2 garis besar dalam program diet yang bergantung pada banyaknya ilmu atau informasi yang kamu dapatkan, seperti jumlah kalori per makanan, gaya hidup, pemilihan makanan tertentu, pembatasan makanan, metode diet, dan lain sebagainya. Nah, berbicara soal diet, pada kesempatan kali ini akan memberikan 10 cara diet sehat yang harus kalian ketahui:

1. Mengonsumsi Beras Merah

Selain kentang dan oat, beras merah juga kerapkali digunakan sebagai pengganti karbohidrat saat proses diet. Walaupun memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang cenderung lebih hambar, namun beras merah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Beras merah ini mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Sehingga kedua zat ini bisa membantu untuk membersihkan plak yang terkumpul di arteri dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

2. Mengonsumsi Beras Hitam Organik

Beras hitam organik ini merupakan kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L, termasuk beberapa diantaranya adalah beras ketan.

Dimana bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya dikarenakan tidak melalui proses pemutihan.

Selain itu, nasi hitam memiliki tekstur lengket dan rasa gurih kacang. Diet yang memasukan beras hitam dalam menu makan juga ditunjukkan bisa menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat dalam darah) serta meningkatkan kadar HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik.

3. Mengonsumsi Buah Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti kalium, besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pepaya ini mengandung serat yang cukup tinggi yang dipercaya bisa memperlancar sistem pencernaan.

Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian anda.

4. Mengonsumsi Buah Duku

Buah duku ini memiliki nama ilmiah, yakni Lansium Parasiticum. Pada umumnya buah duku ini berukuran kecil seperti bola bekel atau kelereng.

Dimana buahnya diselimuti oleh kulit tipis yang mudah dikupas dan berwarna kuning. Dan jika sudah matang, biasanya buah duku ini akan muncul bintik kecoklatan pada permukaan kulitnya.

Manfaat buah duku ini adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit.

Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan serat pada tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengonsumsi buah duku. Soalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan.

5. Atur Jadwal Makan Anda

Cara diet sehat selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal makan malam. Aktivitas makan adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kesehatan maupun berat badan anda.

Sehingga dalam melakukn diet sehat, orang akan cenderung mengurangi kegiatan makan secara signifikan.

Padahal hal tersebut sangat keliru dan berbahaya. Untuk melakukan diet sehat anda hanya perlu mengatur jadwal aktivitas makan dengan lebih sistematis.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

6. Lebih Selektif Dalam Memilih Makanan

Dalam hal ini, sebisa mungkin anda harus menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh yang berlebih, berminyak, terlalu asin, manis yang berlebih, dan faktor lainnya yang tidak menyehatkan.

7. Jaga Cairan Tubuh

Air memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Karena sebagian besar tubuh manusia didominasi oleh cairan, sehingg air menjadi aspek penting dalam menjaga kesehatan, termasuk untuk melancarkan program diet sehat.

8. Jauhi Kebiasaan Buruk

Agar program diet anda berhasil, maka sebaiknya anda hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, hingga begadang.

9. Sarapan Pagi

Banyak orang yang menjalankan program diet cepat dengan meninggalkan sarapan pagi. Padahal, justru dengan mengonsumsi makanan diet yang tepat untuk sarapan bisa mendukung diat anda tanpa lemas.

10. Olahraga Yang Teratur

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sanagt efektif untuk menunjang program diet sehat yang sedang anda lakukan. Karena dengan berolahraga tubuh anda akan dalam kondisi yang aktif dan bisa membakar seluruh kalori yang ada di dalamnya.

Itulah cara diet sehat yang harus kamu ketahui. Buat kalian yang ingin mencoba diet sehat silahkan coba cara-cara di atas ya.

Baca juga: Beberapa Faktor Resiko Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *