Advertisements

4 Cara Mudah Mencegah Menopause Dini, Simak di Sini!

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa masalah menopause itu biasanya terjadi pada wanita dengan usia diatas 45 tahun. Namun pada kenyataannya, ternyata masalah menopause juga bisa dialami oleh wanita dengan usia di bawah 45 tahun lho. Lantas, apa yang dimaksud dengan menopause?

Pengertian Menopause

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Gejala Menopause
Sumber: Viva

Menopause adalah sebuah proses ketika berhentinya siklus mestruasi selama 12 bulan, atau bahkan lebih yang terjadi akibat tubuh telah berhenti memproduksi sel telur. Itu artinya, seorang wanita yang memasuki masa tersebut sudah tidak bisa lagi hamil.

Menurut kabar yang beredar, setidaknya ada beberapa factor yang menjadi penyebab dari munculnya menopause dini. Ya, factor tersebut diantaranya seperti kebiasaan merokok, menderita penyakit autoimun, terdapat gangguan tiroid, kelainan kromosom, hingga efek samping dari kemoterapi maupun terapi radiasi.

Adapun mengenai berbagai gejala yang akan kita rasakan saat mengalami menopause seperti berikut:

  • Vagina terasa kering, gatal, dan rasa nyeri saat berhubungan intim
  • Sensasi rasa panas di area leher dan wajah
  • Terjadi perubahan suasana hati
  • Lebih sering buang air kecil
  • Terjadi perubahan pada fisik dan kondisi tubuh.

Lalu, bagaimana cara untuk mencegah menopause dini? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara mencegah menopause dini, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini

Baca juga: 5 MANFAAT KACANG TANAH UNTUK KESEHATAN

1. Melakukan Olahraga Ringan

Menopause. Signs, symptoms and causes
Sumber: WomanLog

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghambat masa primenopause. Perimenopause itu sendiri merupakan masa yang dilalui seorang wanita sebelum menopause terjadi, namun gejala dari menopause-nya sudah mulai terasa.

Jika kamu rajin berolahraga secara teratur, maka hal ini bisa membantu untuk mengatur keseimbangan hormone dan menjaga kadar lemak di dalam tubuh. Alhasil, potensi terjadinya gangguan menstruasi maupun penyakit lainnya yang berkaitan dengan menopause akan berkuang.

Advertisements

2. Usahakan Untuk Segera Berhenti Merokok

Menopause | Endocrine Society
Sumber: Endocrine Society

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kebiasaan merokok merupakan salah satu factor yang menyebabkan timbulnya menopause dini. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat rokok memiliki zat kimia yang bersifat racun seperti sianida, karbon monoksida, nikotin, dan lain sebagainya.

Nah, kandungan zat kimia tersebutlah yang akan membuat sel telur hilang dengan cepat. Apabila sel telur mati, maka ia tidak bisa melakukan regenerasi. Dengan demikian, maka tak heran juga jika wanita perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi terhadap menopause dini ketimbang mereka yang tidak merokok.

3. Berhenti Mengonsumsi Minuman Beralkohol

5 Penyakit Setelah Menopause yang Perlu Diwaspadai Wanita Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas Health

Selain merokok, ternyata kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa memicu timbulnya menopause dini. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi pengonsumsian minuman tersebut. Namun, akan jauh lebih baik jika kamu tidak lagi mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Wanita Wajib Tahu! Menopause di Usia Muda Ternyata Sangat Mungkin, Apa Penyebabnya?

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah menopause dini, yakni dengan menjaga berat badan ideal. Berdasarakan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa hormon estrogen wanita yang mempengaruhi proses menstruasi dan masa subur itu banyak disimpan di dalam jaringan lemak.

ketika jumlah lemak di dalam tubuh terlalu banyak atau terlalu rendah, secara otomatis kadar hormon estrogen tadi menjadi tidak seimbang. Tentu saja kondisi tersebut akan memicu terjadinya kegagalan fungsi ovarium (indung telur).

Pasalnya, ovarium menjadi tempat berproduksi sel telur pada setiap bulannya. Apabila fungsi ovarium terganggu atau bahkan hingga gagal, maka ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur sehingga bisa memicu timbulnya menopause dini.

Baca juga: JET LAG DAPAT MEMBAHAYAKAN KESEHATAN TUBUH?

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements