Advertisements
Syarat Mandi Junub dan Doanya

Inilah Syarat Mandi Junub dan Doanya yang Umat Islam Perlu Paham

Syarat mandi junub dan doanya merupakan hal yang wajib diketahui oleh umat Islam. Mandi junub adalah mandi yang memang bukan hanya kita lakukan seperti biasa. Mandi junub ada doa yang kita harus baca dan ada syarat yang perlu kita perhatikan untuk lebih baik. Mandi junub yang dilakukan untuk menyucikan diri dari halangan besar yang sudah kita alami. Halangan sebesar seperti haid atau nifas. Halangan lain seperti sehabis berhubungan suami isteri juga diwajibkan untuk mandi junub. Mandi junub ini memiliki niat dan doa yang harus kita pahami.

Doa mandi junub sendiri memiliki perbedaan untuk halangan yang sudah kita lalui. Bagi perempuan doa yang harus kita lakukan Ketika mandi junub sehabis haid atau nifas adalah membaca Bismillahirohmanirohim terlebih dahulu dan kemudian “ nawaitul ghusla lirofil hadatsil akbar minan nifasi fardlon lilahitaala” memiliki arti aku niat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar karena haid atau nifas karena Allah ta’ala. Sedangkan doa untuk mandi junub setelah berhubungan suami isteri yaitu dengan membaca Bismillahirohmanirohim terlebih dahulu dan kemudian,”nawaitul ghusla liorafil hadatsil akbar minal janabati fardlon lilahi ta’ala” memiliki arti dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, wajib karena Allah taala.

Setelah mengetahui doa yang dilakukan sebelum mandi junub karena hadast besar seperti haid, nifas atau jinabah. Selanjutnya kita harus mengetahui syarat yang harus dilakukan untuk mandi junub tersebut. Berikut syarat yang harus Anda perhatikan:

Advertisements
  1. Melantunkan doa mandi junub seperti di atas di awal mandi. Anda bisa melantunkan dengan bersuara atau hanya di dalam hati. Anda sebaiknya tidak lupa untuk doa mandi junub ini. Jika Anda tidak membacanya, tidak ada bedanya dengan anda mandi biasa.
  2. Setelah Anda membaca doa mandi junubnya. Saatnya anda untuk membasuh tangan Anda hingga tiga kali. Ini bisa jadi sunnah dalam mandi junub. Artinya hal ini tidak wajib untuk dilakukan namun jika Anda melakukannya akan mendapatkan pahala.

Hal atau syarat selanjutnya adalah dengan membasuh dengan air atau dibersihkan bagian di tubuh Anda yang tersembunyi dengan tangan kiri Anda. Apa saja yang termasuk bagian tersembunyi? Bagian tersebut adalah ketiak, pusar, bagian kemaluan, bagian dubur, bagian dalam hidung, bagian dalam telinga dan lainnya.

  1. Setelah Anda membasuh bagian yang tersembunyi. Selanjutnya itu untuk kembali membasuh kedua tangan Anda. Kemudian jika sudah untuk bagian yang kotor dibersihkan. Untuk sunnah lagi Anda bisa mengusapkan tangan Anda ke tanah atau debu pada tembok untuk menghilangkan najis yang Anda dan kemudian dibilas dengan air bersih.
  2. Jika sudah untuk membersihkannya, saatnya wudhu. Anda bisa wudhu dengan cara seperti Anda akan sholat.
  3. Sunnah lainnya untuk mandi junub adalah dengan membasuh kepala pada bagian pangkal dengan menyiram atau mengguyur sebanyak 3 kali. Kalau bisa dilakukan hingga ke permukaan kulit dan rambut Anda tentu saja harus dibasahi dengan air.
  4. Setelah semuanya, Anda mandi seperti biasa. Namun kalau Anda ingin mengikuti sunnahnya, Anda bisa mulai menyiram bagian tubuh Anda dari bagian kanan terlebih dahulu baru Anda bersihkan ke bagian kiri. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pahala. Yang paling penting adalah seluruh bagian di tubuh dibasahi dan dibersihkan Ketika mandi junub. Bagian yang susah dijangkau pun harus kena air agar Anda bersih seutuhnya.

Apakah sekarang Anda sudah paham mengenai syarat mandi junub dan doanya? Pastikan Anda melakukannya sesuai dengan tuntunan agar bisa menyucikan diri dengan sempurna.

Baca Juga: Tips Belajar Asmaul Husna dan Artinya

Advertisements