Advertisements

Cara Membuat Telur Asin dalam 3 Jam, Praktis dan Tetap Lezat!

Sebenarnya proses membuat telur asin itu bisa memakan waktu yang cukup lama, yakni berkisar 7 hari hingga 14 hari. Namun, hal itu tidak berlaku bagi dua siswi SMP asal Sragen, Jawa Tengah.

Pasalnya, kedua siswi tersebut mampu membuat telur asin hanya dalam kurun waktu 3 jam saja lho. Sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang penasaran tentang bagaimana cara membuat telur asin 3 jam.

Lantas, siapakah dua siswi SMP yang berhasil membuat telur asin dalam waktu 3 jam tersebut? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Sosok Pembuat Telur Asin 3 Jam

Dua Siswi SMPN 1 Sragen ini Bisa Bikin Telur Asin Hanya dalam 3 Jam
Sumber: DetikNews

Menurut informasi yang didapat, dua siswi SMP yang berhasil membuat telur asin dalam waktu 3 jam itu bernama Husniya Munzayana dan Lathifatun Assyifa. Mereka berdua pun tergabung kedalam 10 perwakilan Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti kompetisi LPSN (Lomba Penelitian Siswa Nasional).

Husniya menyebutkan bahwa dirinya memilih penelitian proses pembuatan telur asin karena terinspirasi oleh tetangganya yang berprofesi sebagai pembuat telur asin.

Selama proses penelitian, akhitnya ia membuat alat terlur asin matahari (Atesim) dari buku-buku yang dibacanya.

“Alatnya sederhana, kotak kayu, selotip, alumunium foil, kaca, dan alat-alat lainnya. Prinsip sebenarnya sama dengan membuat telur asin biasanya”, ungkap Husniya saat diwawancarai.

Baca juga: INGIN TAHU CARA MEMBUAT TELUR ASIN DALAM WAKTU 3 JAM?

Adapun mengenai cara membuat telur asin ala Husniya seperti berikut:

  • Pertama-tama telur bebek di rendam kedalam air cuka selama 2 menit, dengan tujuan agar pori-pori telurnya terbuka
  • Setelah itu telur bebek dibungkus dalam adonan batu bata dan garam selama 1 jam
  • Kemudian telur bebek tersebut dibalut lagi dengan serbuk arang, lalu dimasukkan ke dalam kotak yang bagian sisi-sisinya sudah dilapisi dengan alumunium foil
  • Selanjutnya telur di diamkan selama 3 jam, lalu dikukus dengan api kecil selama 1 jam.

Berbagai Manfaat Telur Asin Untuk Kesehatan Tubuh

8 Cara Membuat Telur Asin yang Mudah dan Enak, Banyak Rasa - Hot Liputan6.com
Sumber: Hot Liputan6.com

Dibalik rasanya yang gurih dan lezat, telur asin juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Manfaat tersebut diantaranya seperti berikut:

Advertisements

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Mengingat telur asin berasal dari telur bebek, maka tak heran jika ia kaya akan kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa 1 butir telur asin memiliki kandungan protein sebanyak 9 gram.

Nah, kandungan protein tersebutlah yang berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Tak cuma itu, bahkan kandungan protein pada telur asin juga dapat memelihara kesehatan kulit.

2. Mampu Meningkatkan Fungsi Sel Darah Merah

Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, mengonsumsi telur asin juga dapat meningkatkan fungsi sel darah merah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena telur asin kaya akan kandungan vitamin A.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, telur asin dilengkapi dengan kandungan vitamin B12 yang dapat memelihara kesehatan saraf. Masih belum habis, terdapat pula kandungan vitamin B kompleks, vitamin D, dan vitamin E.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya yang akan kamu rasakan dari mengonsumsi telur asin, yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya, hal ini dikarenakan telur asin kaya akan kandungan selenium. Adapun kandungan zat besi di dalamnya yang bertugas untuk menunjang sistem kekebalan tubuh.

Jika sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, tentu saja tubuh kita tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

Baca juga: TATA CARA MEMANJATKAN DOA AGAR JUALAN LARIS MANIS

Advertisements