Relationship

5 Hak Istri Terhadap Suami Menurut Ajaran Islam

Advertisements

5 Hak Istri Terhadap Suami Menurut Ajaran Islam

Sumber: Orami

Sebagai wanita yang sudah menikah, kamu mungkin sudah tidak asing lagi kan dengan kewajiban istri terhadap suami? Lantas, apakah kamu sudah tahu bagaimana hak istri terhadap suami

Sebagai pemimpin keluarga, seorang suami harus menjalankan kewajibannya sebagai pemimpin keluarga dengan baik agar tercipta keluarga yang sakinah mawadah warrahmah. Sebagai pemimpin keluarga yang baik, seorang suami sudah tentu harus memperhatikan hak istrinya. Hal itu dikarenakan seorang istri bisa diibaratkan sebagai jantungnya dari sebuah rumah. Saat istri bahagia karena sudah tercukupi haknya, maka suami pun akan merasakan ketentraman dalam menjalankan rumah tangga.

Adapun hak istri terhadap suami menurut ajaran Islam adalah sebagai berikut :

1. Diperlakukan Dengan Baik Oleh Suami

Sumber: Detik.com

Saat seorang suami memperlakukan istrinya dengan baik dan lemah lembut, maka hati sang istri tentu akan terasa hangat dan akan mengembalikan rasa kasih sayang tersebut dengan sesuatu yang lebih baik. Hal itu tentunya akan mempengaruhi kehangatan dalam rumah tangga ketika suami memberikan perlakuan yang baik pada istrinya. 

Apalagi sikap lemah lembut suami terhadap istri bisa menjadi indikasi sempurnanya akhlak dan bertambahnya keimanan bagi seorang mukmin, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : “Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling bagus akhlaknya; dan sebaik – baiknya kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya.” (HR At-Tirmidzi). 

2. Dimaafkan Kekhilafan Dan Kesalahannya

Sumber: theAsianparent

Dimaafkan segala kekhilafan dan kesalahan termasuk salah satu hak istri terhadap suami. Sebab setelah menikah, suami wajib mendidik istrinya. Dalam prosesnya, cara ini menjadi pesan dari Nabi Muhammad SAW agar seorang suami banyak bersabar namun tetap mengingatkan jika sang istri khilaf dan berbuat kesalahan. Dan suami juga tentunya harus memberikan maaf. 

Advertisements

3. Dijaga Oleh Suami

Sumber: SehatQ

Yang dimaksud hak dijaga oleh suami disini termasuk dengan memelihara istri dari segala sesuatu yang bisa merusak dan mencemarkan kehormatan diri dan suaminya. Karena itu, suami memiliki kewajiban untuk menjaga istrinya dengan sepenuh hati. Jadi, hak istri terhadap suami selanjutnya adalah mendapatkan penjagaan atas akhlak dan juga agamanya. 

Semua tingkah laku, fisik, dan juga psikis seorang istri menjadi tanggung jawab suaminya. Jadi sebagai kepala keluarga, seorang suami akan diminta pertanggungjawabannya. 

4. Rahasianya Terjaga Dan Tidak Disebarkan

Sumber: Tribunnews.com

Hak istri selanjutnya dalam rumah tangga adalah tidak disebut – sebutkan kejelekannya oleh suami dihadapan orang lain. Sebab, suami merupakan orang yang dipercaya oleh istri untuk menjaga rahasianya dan diharapkan bisa memeliharanya. Salah satu rahasia antara suami istri adalah soal rahasia yang dilakukan diatas ranjang. Jadi, kepercayaan yang tetap terjaga menjadi salah satu hak istri terhadap suami. 

5. Diajak Bermusyawarah Dalam Berbagai Hal

Sumber: Channelmuslim.com

Selalu diajak untuk bermusyawarah dalam berbagai hal merupakan sesuatu yang penting bagi istri. Sebab, ketika istri turut dilibatkan untuk berdiskusi dan menghasilkan keputusan bersama terutama yang berkaitan dengan sesuatu yang penting, maka istri akan merasa dihargai. Selain akan merasa sebagai pendengar yang baik, namun istri juga merasa menjadi teman hidup yang bisa diajak berdiskusi. 

Hal itu merupakan salah satu hak istri terhadap suami, dan salah satu alasannya adalah sebagai salah satu pemenuhan terhadap kehidupan psikologis istri. Saat suami istri sama – sama merasa sedang menghadapi suatu permasalahan, maka kekompakan dan komunikasi sangat penting demi terjalinnya hubungan yang sehat. 

Baca juga: SINOPSIS ENDING DRAMA SQUID GAME EPISODE 9

Advertisements

Recent Posts

Ucapan Hari Kebangkitan Nasional dengan Semangat Persatuan!

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen penting dalam kalender Indonesia yang memperingati semangat dan perjuangan bangsa…

3 days ago

4 Film Tentang Bencana Alam yang Penuh Adrenalin!

Bencana alam seringkali menjadi tema utama dalam banyak film Hollywood. Dari gempa bumi hingga tsunami,…

5 days ago

Kenapa di Pesawat Harus Duduk Sesuai Boarding Pass?

Proses boarding pesawat seringkali menjadi momen yang menegangkan bagi penumpang. Namun, tahapan ini memiliki peran…

1 week ago

Film Christopher Nolan Terbaik, Misteri dalam Film Inception!

FInception, sebuah film yang dirilis pada tahun 2010, adalah salah satu karya terbaik dari sutradara…

2 weeks ago

5 Rekomendasi Laptop untuk Pelajar, Pilihannya yang Ideal!

Memilih laptop untuk pelajar memang tidak mudah. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti spesifikasi, harga,…

4 weeks ago

Konser NCT Dream di GBK Bakal Mengguncang Jakarta!

Kabar gembira untuk para NCTzen di Indonesia! NCT, boyband Korea Selatan yang terkenal dengan lagu-lagunya…

2 months ago