5 Tempat Wisata Menarik dan Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Beritaku.my.id – Saat membicarakan tentang Kota Banyuwangi, maka kemungkin yang akan langsung ada di dalam pikiranmu adalah sebuah kota tempat singgah bagi orang yang menyebrang ke Pulau Bali dengan kapal feri. Tetapi nyatanya tidak hanya itu saja karena di kota yang berada di ujung Pulau Jawa ini juga tersimpan banyak potensi tempat wisata yang menarik. Ini terbukti dari di tahun 2016 lalu, Banyuwangi berhasil mendapatkan penghargaan “Excellence and Innovation in Tourism” dari UNWTO, Organisasi Pariwisata Dunia PBB. 

Bisa didapatkannya perhargaan tersebut berkat banyaknya destinasi wisata di kota tersebut yang sudah berkembang. Mulai dari adanya pegunungan, pantai, taman nasional, hingga desa wisata yang sudah dikelola dengan baik sehingga mampu menarik minat wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk mengunjunginya. Berikut di bawah ini 5 tempat wisata menarik dan wajib dikunjungi di Banyuwangi yang di antaranya yaitu: 

1. Desa Wisata Osing Kemiren 

desa-wisata-osing-kemiren
Courtesy: https://banyuwangikab.go.id/

Di Desa Wisata Osing Kemiren ini kamu bisa mengenal tradisi dan budaya masyarakat setempat. Di tempat wisata yang berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah ini kamu bisa menemukan berbagai rumah khas suku Osing yang sudah berusia ratusan tahun. Dan yang lebih menariknya lagi, Desa Wisata Osing Kemiren ini masih aktif mengadakan festival setiap tahunnya. Festival Ngopi Sepuluh Ewu adalah salah satu festival yang paling seru. Pada festival tersebut akan tersajinya 10.000 cangkir kopi disepanjang jalan di depan rumah warga. 

2. Gunung Raung

gunung-raung-banyuwangi
Courtesy: https://www.instagram.com/p/BLiMaS9Bq1A/

Jika kamu suka dengan wisata alam, maka saat berlibur ke Gunung Raung dijamin akan merasa puas. Gunung tertinggi kedua di Jawa Timur ini memiliki empat titik puncak yang bisa kamu daki seperti Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan juga Puncak Sejati yang menjadi puncak tertinggi. Gunung Raung tidak hanya menawarkan pemandangan langit yang sangat indah saja tetapi juga memiliki kawah berbentuk elips dengan kedalaman 500 meter. Karena untuk menuju ke tempat ini harus dilaluinya jalur yang cukup ekstrem sehingga tidak disarankan bagi para pemula. 

3. Jawatan Benculuk

jawatan-benculuk-banyuwangi
Courtesy: https://id.pinterest.com/pin/629378116654958980/

Jawatan Benculuk ini awalnya berupa area resapan air dan penimbunan kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut karena terpesona dengan keindahan deretan pohon kayu trembesi yang menciptakan kesan eksotis. Karena hal tersebut sehingga kebanyakan orang yang berkunjung kesana hanya untuk hunting foto. Para pengunjung biasanya akan datang disore hari untuk bisa mendapatkan momen indah saat sinar matahari menembus celah celah pohon. 

4. Taman Nasional Baluran

taman-nasional-baluran-banyuwangi
Courtesy: https://id.pinterest.com/pin/774337729674173134/

Taman Nasional Baluran yang dijuluki sebagai Little Afrika ini merupakan Sabana terbesar dari Pulau Jawa dengan luas mencapai 25.000 hektar. Karena tempat ini merupakan habitat dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan, nantinya kamu bisa menemukan gerombolan banteng, kawanan rusa yang berlarian bebas, burung merak dengan bulunya yang cantik, monyet monyet yang bergelantungan di pohon, dan yang lainnya. 

5. Kawah Ijen

kawah-ijen-banyuwangi
Courtesy: www.merdeka.com

Tempat wisata di Banyuwangi ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan di kawah Ijen dan tentunya ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Terlebih lagi adanya fenomena api biru atau blue fire yang biasanya akan muncul pada pukul 05:00 di kawasan penambangan sulfur. Selain itu dari Kawah Ijen ini kamu juga bisa menyaksikan kemegahan Gunung Raung dan Gunung Merapi dengan melakukan pendakian selama 2 hingga 3 jam dari Paltuding. 

Itulah 5 tempat wisata menarik dan wajib dikunjungi di Banyuwangi yang menawarkan pengalaman liburan seru dan menyenangkan. Tertarik untuk menjelajahi semuanya?

Baca juga: Berikut Ini Tips Solo Traveling yang Harus Kamu Ketahui!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *