Tips dan Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Beritaku.my.id – Untuk mengajarkan anak membaca, tentunya bunda harus mengetahui metode belajar yang paling optimal untuk anak.

Bukan hanya itu, bunda juga harus memahami karakter anak agar dapat mengoreksi kembali metode yang diterapkan pada anak, apakah optimal atau tidak.

Jadi, dalam mengajarkan anak membaca ini harus melewati tahapan yang cuku panjang. Namun, ada trik khusus yang memungkinkan bunda mengajarkan anak membaca dengan cepat tanpa mengeja. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

1. Mengenalkan Huruf Dengan Cara Yang Fun

Cara mengajarkan anak membaca yang pertama adalah dengan mengenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan.

Buatlah anak bunda hafal ketika menjumpai salah bentuk huruf A sampai Z tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa anak bisa mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar.

Contohnya, ketika anak melihat bentuk huruf “B”, maka dengan spontan anak bunda bisa langsung mengucapkan kalau huruf tersebut berbunyi ‘be’.

2. Ajarkan Anak Menghafal Suku Kata

Apabila anda bunda sudah menguasai dan memahami huruf, maka langkah selanjutnya ajarkanlah anak menghafal suku kata.

Dalam hal ini, biarkan anak untuk menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a,i,u,e,o.

Contohnya: ba, bi, bu, be, bo sampai za, zi, zu, ze, zo.

Biarkan anak hafal dan terbiasa dengan suku kata tersebut. Walaupun masih menghapal dan belum bisa membaca, setidaknya sang anak belum bisa dikatakan bisa membaca. Maka ke tahap selanjutnya.

3. Mengajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi

Untuk tahap berikutnya adalah mencari kata yang terdapat suku kata bervariasi untuk mengajar anak membaca dan mengenalkannya.

Contohnya seperti bo-la, bu-ku, papi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya. Dalam tahap ini jangan dulu mengenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.

Hal ini bertujuan supaya anak menguasai tahap ini terlebih dahulu. Jika sang anak masih sulit memahaminya, maka coba ajari terlebih dahulu sampai terbiasa dan memahami suku katanya, seperti:

  • ba, ca, da, fa, ga, dan seterusnya
  • bi, ci, di, fi, gi, dan seterusnya’
  • bu, cu, du, fu, gu, dan seterusnya
  • be, ce, de, fe, ge, dan seterusnya
  • bo, co, do, fo, go, dan seterusnya

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun untuk Anak Perempuan? Ini dia Referensinya

4. Mengajarkan Anak Huruf Mati

Apabila sang anak sudah menguasai tahap sebelumnya, maka saatnya bunda mengajarkan kepada anak tentang huruf mati.

Mengajari anak huruf mati ini bisa dengan memperkenalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti “ng”, “ny”, dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati.

5. Melatih Anak Membaca Kata Utuh

Mungkin awalnya sang anak akan merasa kesulitan untuk tidak mengeja, jadi harus mengeja terlebih dahulu. Maka dari itu, peran bunda disini harus lebih giat melatih anak agar dapat cepat membaca tanpa mengeja.

Selain itu, bunda juga harus menemukan metode yang tepat untuk anak, apabila anak masih kesulitan membaca dalam proses jangka waktu yang lama.

Selain metode di atas, bunda juga harus membuat proses belajarnya lebih menyenangkan, dan jangan memaksa anak untuk belajar membaca, terutama pada anak usia balita.

Lebih baik bunda memberinya stimulus supaya anak terbiasa mempelajari cara membaca secara ilmiah.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang beberapa langkah dan cara mengajarkan anak membaca tanpa mengeja. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memikat Wanita yang Cuek dan Jutek

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *