Sejarah singkat kota Palembang mulai dari budaya dan berbagai kulinernya

Palembang adalah kota besar yang menyimpan sejarah besar perkembangan kerajaan di Indonesia. Palembang juga masih sangat kental dengan budaya bahasanya yaitu bahasa Palembang. Kota ini memiliki berbagai macam peninggalan budaya seperti adat-istiadat, peninggalan candi, dan kulinernya yang sudah ada sejak jaman dahulu. Tidak hanya memiliki peninggalan kuno saja Palembang juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik tetapi bukan tempat wisata yang akan kita bahas melainkan Sejarah kota Palembang dan berbagai macam kulinernya. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut.

Seperti yang kita ketahui bahwa Palembang adalah kota terbesar kedua setelah kota medan dan Palembang juga merupakan ibu lota dari Sumatera Selatan. Kota Palembang terbilang adalah lota yang sangat menakjubkan bagaimana tidak kota ini pernah menjadi ibu kota kerajaan Bahari Buddha terbesar yang ada di Asia Tenggara pada masanya. Seperti yang kita ketahui kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan di Palembang adalah kerajaan yang memiliki reputasi mendominasi pada waktu itu. Bukan hanya mendominasi di Sumatera saja namun mendominasi di seluruh penjuru Nusantara hal ini pula yang membuat Palembang menjadi kota terbesar setelah Medan.

Terlepas dari sejarah kota Palembang yang sangat singkat di atas kota Palembang tentunya memiliki berbagai macam masakan kuliner yang sangat lezat. Makanan kuliner ini juga termasuk bagian sejarah lo di kota Palembang mau tau apa saja kukinernya? Berikut ulasannya.

1.Martabak Palembang

martabak-palembang

Martabak Palembang adalah makanan khas Palembang yang banyak digemari masyarakat lokal maupun masyarakat dari luar daerah. Meskipun martabak ini memiliki komposisi atau bahan-bahan yang terbilang sama dengan martabak pada daerah lainnya nakun rasa dari martabak Palembang memiliki rasa yang berbeda. Bukan hanya rasanya yang berbeda martanak Palembang juga memiliki cara penyajian yang berbeda yaitu memiliki kuah yang kental yang dibuat dengan rempah-rempah alami.

2.Mie Celor

mie-celor-palembang

Jika kalian berpikir bahwa mie celor adalah mie yang dimasak menggunakan telor/telur kalian salah. Mie celor adalah mie yang disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih dengan bahan rempah-rempah pilihan. Tambahan tauge dan telur yang di belah dua membuat tampilan makanan ini seolah memanggil selera untuk mencobanya. Makanan ini juga merupakan makanan favorit khas Palembang yang banyak digemari orang-orang. Mie celor banyak di jual di tempat makan di Palembang dengan harga yang terjangkau sehingga membuat orang dapat membelinya dengan mudah.

3.Pindang Ikan

pindang-ikan-palembang

Wah wah rasanya sangat tidak etis jika pindang ikan tidak disebutkan saat membahas makanan khas Palembang bukan. Bagaimana tidak pindang ikan yang merupakan makanan khas Palembang kini sudah menjadi makanan seluruh orang Indonesia. Rata-rata ibu di seluruh Indonesia pasti menguasai resep dari pindang ikan untuk disajikan oleh keluarga tercinta sebagai sayur yang enak. Pindang ikan merupakan makanan yang memiliki kaldu dengan bahan rempah-rempah, dan bahan utama ikan patin. Pindang ikan sendiri memiliki rasa yang bervariasi mulai dari asin, gurih, manis dan pedas yang dicampur menjadi satu hak inilah yang menjadi daya tarik bagi makanan ini untuk disukai banyak orang.

Nah itulah beberapa informasi seputar sejarah singkat kota Palembang dan makanan khasnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian yang membaca. Dan ingat baca sampai habis agar mengerti secara keseluruhan terimakasih.

Baca juga : Hotel murah di Semarang dengan nuansa modern 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *