Inilah 3 Tradisi Saat Lebaran di Indonesia

Inilah 3 Tradisi Saat Lebaran di Indonesia – Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu hari besar bagi umat Muslim, yang sering juga di sebut dengan hari kemenangan. Tentu saja umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut hari raya idul fitri ini dengan penuh suka cita.

Setiap negara di dunia ini masing-masing memiliki sebuah tradisi yang unik, untuk menyambut datangnya hari raya idul fitri alias lebaran. Begitu pun dengan negara Indonesia, yang memiliki sebuah tradisi saat menyambut hari raya idul fitri.

Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa tradisi yang sangat khas dari umat Muslim di Indonesia adalah mudik, yang bertujuan untuk merayakan lebaran di kampung halamannya masing-masing. Namun, mudik ini hanya salah satu bagian dari tradisi dari umat di Indonesia saja.

Dengan kata lain, tradisi mudik ini tidak akan anda temukan di negara lainnya. Lantas, tradisi apalagi yang selalu dilakukan oleh umat Islam di Indonesia saat lebaran? Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang tradisi lebaran di Indonesia, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

Tradisi Idul Fitri di Indonesia

  1. Mudik

Mudik

Tentu tradisi yang satu ini sangat penting bagi Anda dan hampir tidak terlewatkan, karena mudik merupakan tradisi untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan sanak keluarga. Selain itu, biasanya mudik juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat terbang, hingga kapal feri. Bahkan, tak sedikit juga dari mereka yang menggunakan kendaraan pribadinya seperti mobil dan motor.

  1. Makanan Khas Lebaran

Ketupat

Makanan khas lebaran ini merupakan salah satu tradisi lebaran di Indonesia seperti contohnya adalah ketupat sayur. Biasanya, hidangan pertama yang akan disantap sepulang shalat Idul Fitri itu adalah ketupat, yang dilengkapi dengan kuah sayurnya yang lezat. Selain dihidangkan dengan kuah sayur, sebagian masyarakatnya juga ada yang menghidangkan ketupat dengan opor ayam, rendang, dan masih banyak lagi.

  1. THR (Tunjangan Hari Raya)

Tunjangan-hari-raya

Tadisi ini sudah menjadi turun temurun, yang biasa dilakukan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Biasanya, tradisi ini akan dibagikan kepda anak-anak kecil, keponakan, dan saudaranya. Tak hanya di bagikan untuk keluarga saja, THR ini juga merupakan tradisi yang berlaku bagi anda yang berstatus sebagai seorang karyawan.

Itulah beberapa tradisi saat lebaran, yang hanya akan di temui di negara Indonesia saja. Akhir kata cukup sekian, dan selamat beraktivitas kembali.

Tags:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *