Resep-Memasak-Dumpling-Udang-Mudah-Dan-Enak-beritaku-my-id.
Advertisements

beritaku.my.id – Masakan sederhana adalah masakan yang tidak perlu lama proses pembuatannya dan bisa menghasilkan makanan yang enak. Ada banyak sekali jenis masakan sederhana yang bisa Anda buat sebagai camilan, salah satunya adalah dumplings udang atau pangsit udang. Menu makanan ini biasanya dijadikan pendamping untuk mie basah ataupun kering. berikut cara memasak dumpling udang yang enak.

Ada dua jenis bahan yang perlu disiapkan, yakni bahan kulit dumpling dan untuk isiannya. Berikut ini adalah bahan untuk kulitnya:

  • 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan tepung beras
  • 30 gram atau setara dengan 2 sdm tepung terigu serba guna
  • 100 sampai 120 ml air yang benar-benar mendidih
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok teh minyak goreng

Sedangkan untuk bahan isiannya:

  • 150 gram udang tanpa kulit. Cacah kasar udang sebelum dijadikan bahan isian
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok teh jahe parut
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 2 sendok teh tepung maizena
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 siung bawang putih. Gunakan satu siung bila ukurannya besar, bila ukuran kecil gunakan 2 siung. Cacah halus bawang putih.
  • ½ batang daun bawang, iris tipis-tipis

Baca Juga :RESEP KUE BASAH KEKINIAN PUTU, NIKMAT BANGET!

Jika sudah menyiapkan semua bahan, saatnya Anda mulai memasak. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuatnya:

1. Pertama-tama, buat kulit untuk dumpling terlebih dahulu. Campurkan tepung terigu bersama dengan tepung beras dan garam. Aduh kasar terlebih dahulu untuk memastikan semua tepung tercampur rata.

2. Tuangkan sedikit minyak dan air mendidih sedikit demi sedikit. Anda bisa mengaduknya menggunakan garpu atau tangan. Uleni adonan sampai menjadi kalis. Bila sudah, tutup adonan menggunakan kain bersih. Diamkan adonan selama 30 menit. Jangan sampai melewatkan proses 30 menit ini. proses ini dilakukan agar hasil adonan kulit menjadi lebih kenyal dan lentur. Kulit juga bisa tahan sobek ketika dibentuk dan dirapatkan.

3. Setelah itu, buat bahan isiannya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampur rata udang dengan bawang putih. Setelah itu, tambahkan juga daun bawang dan bumbu isian lainnya. Masukkan ke dalam kulkas sebelum dicampurkan dengan bahan kulitnya.

Advertisements

4. Jika masa pendinginan kulit selesai, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Gunakan timbangan, takar adonan hingga masing-masing memiliki berat antara 10 sampai 12 gram. Pipihkan kulit sampai tipis dan bentuknya menjadi bulat. Fungsinya adalah agar lebih mudah utuk dibentuk dan bisa menutupi isian. Tutup bagian-bagian kulit tersebut dengan kain bersih. Tujuannya adalah agar kulit tidak menjadi kering.

5. Keluarkan isian dari kulkas dan siapkan sendok. Masing-masing kulit pangsit bisa diisi dengan 1 sendok teh adonan udang. Bungkus dan rapatkan kulit. Anda bisa membentuknya sesuai selera bila diinginkan. Tetapi pastikan agar bagian isi tertutup rapat.

6. Siapkan kukusan. Rapi dan tata dumplings di tempat kukusan yang sudah tersedia. Waktu pengkusan berkisar di angka 20 sampai 25 menit. Ketika mengukus, bungkus bagian tutup kukusan menggunakan kain. Tujuannya adalah agar air yang sudah menguap tidak lagi turun ke bagian bawah.

7Jika sudah matang, sajikan selagi panas. Anda bisa menambahkan kecap atau sambel sesuai selera.

Bila Anda ingin bagian isiannya menjadi lebih pedas, maka Anda bisa menambahkan cabe bubuk atau cabe giling dalam bahan isian.

Itu dia cara untuk membuat masakan sederhana berupa dumpling udang. Sangat mudah bukan? Bahan yang dibutuhkan juga sudah tersedia di pasaran.

Baca Juga :4 Kue Khas Sulawesi Selatan Yang Unik Dan Cocok Untuk Oleh-Oleh

Advertisements