Resep Kue Basah Kekinian Putu, Nikmat Banget!

Beritaku.my.id – Putu atau putu ayu merupakan salah satu makanan dari bahan dasar beras dan kelapa yang sangat lezat. Rasa manis dari gula merah bercampur dengan gurih dari kelapa membuat hidangan ini sangat disukai oleh anak-anak muda. Tidak sedikit dari mereka yang membuka bisnis menjual putu ini. Meski terlihat sulit, ternyata Anda bisa membuat hidangan ini sendiri di rumah loh. Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk bisa membuat jajanan ini sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan, berikut ini daftar bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah kelapa berukuran sedang atau bisa diganti dengan ½ buah kelapa kecil 
  • 1 kilo beras 
  • Air kelapa secukupnya 
  • Gula merah sesuai selerap
  • Garam secukupnya
  • 2-3 daun pandan 

Sangat sederhana bukan? Meski sederhana, bahan-bahan diatas bisa menghasilkan hidangan lezat. Setelah mempersiapkan bahan, Anda bisa menuju ke cara pembuatannya. Tidak perlu khawatir karena cara membuatnya juga cukup simple. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Rendam dan giling beras

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merendam beras. 1 kilogram beras bukanlah jumlah yang sedikit, sehingga Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merendamnya. Tanda bahwa beras siap digunakan adalah warnanya berubah menjadi pucat. Bila kondisinya sudah pucat, tiriskan beras hingga airnya berkurang. 

Setelah meniriskannya, Anda harus menggiling beras ini hingga berubah menjadi tepung atau selep. Mengapa tidak menggunakan tepung beras? Rasa yang diciptakan oleh beras asli dengan tepung beras akan jauh berbeda, sehingga lebih baik menggunakan beras asli. 

2. Parut kelapa dan bentuk tepung 

Step yang berikutnya adalah memarut kelapa. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu kelapa dari kulitnya. Tambahkan garam agar memiliki sedikit rasa gurih. Setelah itu, Anda bisa mengukusnya. Sembari menunggu kukusan kelapa matang, Anda bisa mulai untuk membulat-bulatkan tepung. Anda bisa mengikuti ukuran bola kasti untuk membentuk bulatan tepung ini. Bila kelapa sudah selesai dikukus, masukkan bola-bola tepung untuk dikukus. Letakkan daun pandan di bagian bawah kukusan untuk menambah aroma sedap. 

3. Mencetak ulang putu 

Apabila sudah matang, Anda bisa meniriskan bola-bola tepung dan memarutnya. Tambahkan air kelapa pada parutan tepung. Fungsinya adalah agar tekstur dari tepung memiliki gerindil kecil. Setelah itu, campurkan tepung yang sudah diparut dengan kelapa kukus. Cetak putu menggunakan cetakan putu. Bila Anda tidak memilikinya, Anda bisa membungkus dan mencetaknya menggunakan daun. 

Saat mencetak ulang, Anda perlu memperhatikan urutan bahan yang masuk terlebih dahulu. Yang pertama masuk adalah tepung, setelah itu tambahkan gula merah di bagian tengah. Terakhir, Anda bisa menambahkan tepung lagi untuk menutupi bagian gula merahnya. 

4. Kukus 

Langkah keempat yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kukusan baru untuk putu. Tambahkan daun pandan di bagian air kukusan agar aroma pandan semakin kuat. Masukkan putu yang sudah dicetak ke dalam kukusan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus putu ini adalah kurang lebih 30 menit dengan api kecil hingga sedang. 

Jika semua langkah ini sudah Anda lakukan, Anda tinggal menunggu putu hingga matang. Proses pembuatannya memang lama, karena Anda mengolah sendiri beras asli hingga menjadi tepung. Tetapi setelah Anda merasakannya, rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan kelezatan dari putu home made ini. 

Bila Anda suka hidangan yang manis, Anda bisa memberikan gula merah cair di bagian atasnya sebagai penambah rasa. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Cara ini sangat simple sehingga sudah pasti Anda bisa mengikutinya. 

Baca juga: 9 Macam-macam Bunga Hias

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *