Ini Dia Cara Memilih Alpukat Berdaging Tebal dan Enak

Beritaku.my.id – Selain enak dikonsumsi langsung, dijadikan jus, atau dicampur dengan olahan makanan lainnya, alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di mana, alpukat ini mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga risiko penyakit jantung dan diabetes. Lalu bagaimana cara memilih alpukat yang benar?

Perlu diketahui bahwa cara memilih alpukat yang berdaging tebal dan enak dapat dilihat dari ciri fisiknya. Walaupun demikian, tetap saja memilih alpukat memang gampang-gampang susah karena tingkat kematangannya yang sulit ditebak. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini Beritaku.my.id akan memberikan informasi tentang cara memilih alpukat yang berdaging tebal dan enak sebagai berikut ini:

1. Perhatikan Warna Kulit Alpukat

Dalam hal ini, jika alpukat memiliki warna hijau yang lebih terang, maka kemungkinan besar alpukat tersebut belum matang. Karena biasanya alpukat yang sudah matang itu memiliki warna hijau gelap. Maka dari itu, salah satu cara yang terbaik untuk memilih alpukat yang matang adalah dengan melihat warna kulitnya. Hanya dengan melihat kulitnya saja Anda sudah bisa memprediksikan tingkat kematangannya. 

2. Perhatikan Tekstur Buah

Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan teksur buahnya. Jika Anda mendapati tekstur buah yang empuk maka itu artinya alpukat tersebut sudah matang. Namun, jangan terlalu keras menekannya agar alpukat tidak rusak. Alpukat yang sudah matang biasanya empuk saat ditekan. Namun, jangan memilih alpukat yang terlalu lembek. Karena alpukat yang terlalu lembek ini artinya alpukat tersebut terlalu matang, cenderung busuk dan tidak bisa dimakan. Supaya lebih aman, maka pilihlah alpukat yang sedikit masih keras dan mendiamkannya sampai alpukat tersebut matang dengan sempurna. Jika Anda mendapatinya masih keras, maka Anda mungkin harus menunggu beberapa hari lagi sebelum dikonsumsi.

3. Menarik Batang Alpukat

Cara memilih alpukat berdaging tebal dan enak selanjutnya adalah dengan menarik batang alpukat. Di mana, Anda bisa menarik batang yang biasanya ada di ujung buah alpukat ketika dipetik. Nah, jika masih ada sedikit sisa batang buah, maka petik saja batang ini dan perhatikan bagian dalam buah melalui “lubang” yang ditinggalkan. Apabila berwarna hijau, itu artinya alpukat sudah matang dan siap dikonsumsi. Namun, jika berwarna cokelat, maka alpukat tersebut terlalu masak. Sedangkan jika batangnya tidak dapat diptong, itu artinya alpukat tersebut masih belum matang. 

Cara Menyimpan Alpukat 

Setelah Anda mengetahui cara memilih alpukat berdaging tebal dan enak, selanjutnya adalah bagaimana cara menyimpan alpukat yang baik. Berikut ini cara untuk menyimpan buah alpukat yang baik agar tahan lama:

  • Konsumsi buah alpukat yang sudah diiris sesegera mungkin. Karena alpukat yang sudah diiris kaya akan lemak sehingga rentan terhadap degenerasi bakteri.
  • Jika Anda ingin menyimpan alpukat yang sudah dihaluskan, maka simpanlah dalam wadah lalu bekukan dalam freezer. Dan jika Anda ingin mengonsumsinya, cairkan terlebih dahulu alpukat yang sudah beku tersebut. Dengan cara ini dijamin akan membuat alpukat lebih awet disimpan.

Nah, untuk menyimpan alpukat yang tidak habis dimakan, maka Anda cukup manfaatkan air jeruk nipis. Anda peras jeruk nipis di atas daging alpukat, lalu masukkan ke dalam plastik dan bungkus rapat. Dengan demikian, alpukat akan tetap segar hingga 2 hari. Cara ini juga bisa digunakan untuk alpukat yang sudah dipotong-potong ataupun dijus, lalu tambahkan sedikit sari jeruk nipis supaya warnanya tidak berubah kehitaman. 

Itulah hal-hal yang bisa Anda perhatikan ketika akan memilih buah alpukat yang berkualitas serta tata cara penyimpanannya agar buah alpukat yang Anda beli lebih awet serta tahan lama.

Baca juga: Seperti Inilah Cara Diet Sehat yang Harus Kalian Ketahui 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *